Pages

Tuesday, October 2, 2012

Pesona Karimun Jawa


Karimunjawa adalah kepulauan di Laut Jawa yang termasuk dalam Kabupaten JeparaJawa Tengah. Dengan luas daratan ±1.500 hektare dan perairan ±110.000 hektare, Karimunjawa kini dikembangkan menjadi pesona wisata Taman Laut yang mulai banyak digemari wisatawan lokal maupun mancanegara.
Berdasarkan legenda yang beredar di kepulauan, Pulau Karimunjawa ditemukan oleh Sunan MuriaLegenda itu berkisah tentang Sunan Muria yang prihatin atas kenakalan putranya, Amir Hasan. Dengan maksud mendidik, Sunan Muria kemudian memerintahkan putranya untuk pergi ke sebuah pulau yang nampak "kremun-kremun" (kabur) dari puncak Gunung Muria agar si anak dapat memperdalam dan mengembangkan ilmu agamanya. Karena tampak "kremun-kremun" maka dinamakanlah pulau tersebut Pulau Karimun.
Kini, Taman Nasional Karimunjawa telah menjadi salah satu tujuan wisatawan lokal maupun manca negara.
Berikut 7 pesona kepulauan Karimunjawa:
1. 27 pulau berpasir putih nan cantik & unik.
2. Kekayaan alam laut yang masih alami.
3. Snorkling & Diving makes you fitter.
4. Berenang bersama ikan hiu di penangkaran
5. Keramahan penduduk lokal
6. Staying in Karimunjawa helps minimize your carbon footprint.
7. Karimunjawa are good for your bank balance.
“Dunia memang indah.”
Komentar ini dilontarkan seorang wisatawan asal Cilacap saat mengunjungi Pulau Gosong Tengah, sebuah pulau unik yang terletak di sebelah timur pulau Karimun Jawa karena pulau ini hanya seonggok pasir putih dengan bentuk bulan sabit tanpa ada pepohonan, tanpa ada bebatuan.
“This is really beautiful.”
Komentar ini oleh seorang wisatawan asal Italia, ketika mendarat di pulau Geleang, sebuah pulau yang airnya jernih sekali dan dangkal sehingga Anda bisa seolah-olah berjalan di atas air.
“This is the best sea ever.”
Sementara komentar ini diberikan wisatawan asal Perancis yang satu perahu dengan saya saat mengunjungi pulau Cemara Kecil, karena pulau ini seperti kolam renang raksasa tapi ada ombaknya, kedalaman sampai dada orang dewasa dan gradasi warna lautnya begitu mengagumkan.
“Tidak seperti di Indonesia ya.”
Komentar lain dari wisatawan asal Kerawang yang rupanya sudah traveling ke cukup banyak negara.
.
Itulah semua komentar yang saya dengar sendiri saat berada di Kepulauan Karimun Jawa.
Pertanyaannya apa, bagaimana dan kenapa Karimun Jawa??
Oke mari kita lihat peta dahulu:

Berikut pesona dari karimun jawa :






0 comments:

Post a Comment