Pages

Thursday, October 11, 2012

Manfaat Musik Bagi Kesehatan Fisik dan Pikiran


Anda pasti kmerap mendengar manfaat musik pada manusia. Tak heran jika banyak orang yang mendengarkan musik pada ibu hamil, biasanya musik klasik, agar nantinya otak bayi yang terkandung lebih berkembang. Namun ternyata musik juga berpengaruh pada tubuh dan pikiran, berikut adalah pengaruhnya;

1. Meningkatkan Stamina Saat Olahraga
Musik bisa pengaruhi mood Anda, khususnya saat sedang berolahraga. Mainkan musik dengan tempo cepat dan bersemangat untuk menigkatkan gairah olahraga anda.

2. Musik Bantu Kurangi Stres
Sedang cemas atau takut? Musik bisa bantu Anda menghilangkan stres dan kecemasan, menurut data dari Asosiasi Terapi Musik di Amerika. Penelitian di Fakultas Kedokteran Universitas Yale menemukan, pasien yang mendengarkan musik favorit mereka selama 30 menit sebelum melakukan prosedur operasi, tingkat stresnya berkurang dan lebih santai. Dengarkan musik ketika anda cemas dan tegang.

3. Meningkatkan Kinerja
Sebuah jurnal dunia kerja yang dikutip dari She Knows menunjukkan, pegawai yang masih muda memiliki konsentrasi yang lebih baik jika mereka mendengarkan musik tanpa lirik. Musik instrumental akan membantu anda dalam bekerja, sedangkan beberapa musik instrumental akan menghilangkan mood anda.

4. Turunkan Volume
Walaupun musik memiliki segambreng manfaat, namun memutarnya dengan volume yang tinggi malah mengancam kesehatan anda, utamanya gendang telinga. Menurut riset National Institute on Deafness and Other Communication Disorders. Disebutkan, suara keras sampai 85 desibel bisa menyebabkan kerusakan pendengaran permanen. Menghidupka musik di ipod dengan volume maksimal mengancam gendang telinga anda, karena suaranya yang mencapai 100 desibel.



Sumber: http://id.shvoong.com

0 comments:

Post a Comment